Tarakan. Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tarakan, Arbain, S.E., M.A.P, Menghadiri Undangan Penyampaian Hasil Penilaian Kepatuhan dan Hasil Kajian Sistemik Ombudsman, Serta Penyerahan Piagam Penghargaan Pelayanan Publik Tahun 2024, Pada Rabu (12/03/2025) Di Gedung Serbaguna Kantor Wali Kota Tarakan.


Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes, yang hadir dalam kesempatan ini mengatakan untuk mewujudkan Tarakan sebagai kota cerdas salah satunya melalui pemerintahan yang cerdas dengan transparansi dan akuntabilitas.
Ia juga mengingatkan bahwa segala persoalan, sekecil apa pun, harus segera diselesaikan tanpa penundaan. Selain itu, ia menekankan perlunya auditor internal untuk memperbaiki sistem dari dalam serta memastikan mekanisme organisasi berjalan dengan baik di semua tingkatan kepemimpinan untuk menghasilkan pelayanan prima bagi masyarakat.


Sebanyak tujuh unit pelayanan menjadi objek penilaian kepatuhan oleh Ombudsman. Hasilnya, seluruh unit tersebut masuk dalam Zona Hijau dengan Kategori Kualitas Tinggi hingga Tertinggi.
Dinas Kesehatan memperoleh Nilai 84,23 Zona Hijau B, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Nilai 85,66 Zona Hijau B, Dinas Pendidikan Nilai 89,32 Zona Hijau A, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Nilai 91,92 Zona Hijau A, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Nilai 92,50 Zona Hijau A, UPTD Puskesmas Sebengkok Nilai 98 Zona Hijau A dan UPTD Puskesmas Juata Nilai 95,35 Zona Hijau A.


Sementara itu, Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Tarakan meraih Nilai 93,251 dalam Kategori Sangat Baik, menempatkannya di Peringkat 10 dari 93 MPP di Indonesia dalam penilaian kinerja pelayanan terpadu satu pintu dan percepatan pelaksanaan berusaha.


Selain itu, hasil pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 juga disampaikan. Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat meraih Nilai IPP 3,76 Kategori B, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Nilai IPP 4,43 Kategori A, serta RSUKT dengan Nilai IPP 4,43 Kategori A.
#DINSOSPM_HADIR – (H)umanis, (A)daptif, (D)edikatif, (I)nklusif, (R)esponsif … Melayani Masyarakat Dengan #SMART – (S)enyum, (M)udah, (A)kuntabel, (R)amah, (T)ransparan.
ASNberAKHLAK #banggamelayanibangsa #TarakanSmartCity #Facebook : Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat #Instagram : dinsospm
Sumber : HumasTrk_DinsosPM (Danyon UK)