Tarakan. Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tarakan Arbain, S.E., M.A.P menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Di Daerah di Ruang Kerja Wali Kota Tarakan pada Senin (24/10/2022). Turut hadir mengikuti Rapat Koordinasi Wali Kota, Sekretaris Daerah, Para Asisten, Forkopimda, Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah terkait.

Rapat Koordinasi dalam rangka Pengendalian Inflasi di Daerah dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Tito Karnavian, M.A., P.hd via konferensi video. Rakor ini bertujuan untuk membahas langkah konkret pengendalian Inflasi di daerah sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia dan merupakan monitoring dan evaluasi mingguan.

Mendagri dalam rakor tersebut memaparkan bahwa saat ini inflasi menjadi isu global dan menjadi perhatian seluruh dunia. Inflasi yang terjadi saat ini akibat dari dampak pandemi covid-19 dan perang Rusia-Ukraina yang berimbas pada situasi ekonomi dunia dan keadaan keuangan beberapa negara. Akibat inflasi ini menyebabkan kenaikan pada harga barang dan jasa yang membuat biaya hidup rakyat menjadi tinggi. Pada kesempatan tersebut Mendagri mengarahkan Pemerintah Daerah, baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk meningkatkan realisasi APBD dan mengaktifkan satuan tugas pangan sebagai upaya pengendalian inflasi di daerah.

Salah satu strategi dalam menghadapi krisis pangan dunia, yaitu dengan meningkatkan kapasitas produksi pangan untuk komoditas pengendali inflasi serta mengurangi impor, pengembangan pangan subsitusi impor dan peningkatan ekspor. Mendagri juga mengimbau kepada seluruh Kepala Daerah untuk rajin berkolaborasi sebagai langkah pengendalian inflasi di Indonesia.

ASNBerAKHLAK #banggamelayanibangsa #TarakanSmartCity

Sumber : Humas-Dinsos PM (KD-Danyon UK)

By

Tinggalkan Balasan