Tarakan. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tarakan Drs. H. Tarmiji, M.H menyambut kedatangan Tim Penilai Klarifikasi Lapangan dari Kementerian Dalam Negeri Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa dalam rangka Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional Tahun 2022, bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Kelurahan Kampung Satu Skip pada Kamis (27/10/2022) yang dikemas dengan acara Ramah Tamah Tim Penilai dan Evaluasi Penguatan Kelembagaan Melalui Evaluasi Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Adapun sebagai Ketua Tim Penilai Verifikasi Lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional-Regional III (Kalimantan-Sulawesi) Rahayu Ningsih, S.Ag., M.Si dan turut hadir Pendamping dari Provinsi Kalimantan Utara, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tarakan beserta Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Camat Tarakan Tengah, Lurah Kampung Satu Skip beserta jajaran dan stakeholder terkait.

Pada kesempatan itu, Drs. H. Tarmiji, M.H mengucapkan terima kasih kepada para Tim Penilai Verifikasi dan Kelurahan Kampung Satu Skip beserta seluruh jajaranya terkait Kelurahan Kampung Satu Skip yang masuk 5 (lima) besar Lomba Desa dan Kelurahan di Tingkat Regional III Kalimantan-Sulawesi. Kita berharap mudah-mudahan apa yang menjadi keinginan Pemerintah Pusat agar pembinaan Desa dan Kelurahan itu menjadi lebih baik, lebih cepat dan menjadi unsur Pemerintah terdepan dalam Pelayanan.

Sementara itu, Rahayu Ningsih, S.Ag., M.Si menjelaskan, terdapat beberapa hal yang telah dinilai saat memverifikasi lapangan. Seperti penyesuaian antara dokumen administrasi maupun paparan Lurah dan kondisi nyata di lokasi tersebut. Ada 3 indikator yang dinilai yaitu Pemerintahan, Kewilayahan dan Pemberdayaan seperti apa inovasi-inovasinya. Beberapa waktu yang lalu, Lurah Kampung Satu Skip sudah melakukan paparan di tingkat Pusat dan kita sekarang melihat di lapangannya itu seperti apa, klarifikasi apa-apa yang sudah disampaikan atau dipaparkan oleh Lurah tersebut apakah sesuai atau tidak sesuai di lapangan, ini tujuan kita disini.

Selain melakukan penilaian, Rahayu Ningsih, S.Ag., M.Si bersama rombongan turut memberikan masukan untuk kemajuan daerah hingga tingkat Kelurahan. “Mungkin masyarakatnya dapat terus meningkatkan inovasi-inovasi yang bisa menciptakan daya saing, kemudian meningkatkan perekonomian yang ada di Kelurahan ini. Karena kita tau yang ada sekarang ini tantangannya adalah terkait dengan inflasi dan resesi dunia, mudah-mudahan kita Bangsa Indonesia tidak akan masuk diresesi itu,” tutupnya.

Setelah acara ramah tamah di kantor Kelurahan Kampung Satu Skip, Tim Klarifikasi Lapangan melihat aktifitas dan fasilitas pelayanan Kelurahan, dokumen administrasi pemerintahan dan lain-lainnya. Selain itu tim juga berdiskusi dengan beberapa aparatur Kelurahan, LPM, Tim Penggerak PKK, Tokoh Masyarakat/Agama dan Lembaga Kemasyarakatan terkait potensi, inovasi dan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Kelurahan Kampung Satu Skip.

Selama 2 hari kegiatan (27-28/10/22), Tim Klarifikasi Lapangan melihat berbagai aktifitas warga diantaranya kunjungan ke Kubedistik, Hutan Wisata, Budidaya Madu Kelulut, Posyandu Kusuma Negara, Tenun Sikka Indah, KWT Edel Weiss, PAUD ACI (Aku Cinta Indonesia), Produksi Minyak Kayu Putih Burung Kenawai, Budidaya Lele SDN 005, KWT Kamboja dan lain-lainnya. Tim juga menjelaskan telah melakukan proses evaluasi di tingkat Kelurahan, tingkat Kecamatan, Kota, penilaian administrasi dan pemaparan Kelurahan Kampung Satu Skip.

Pada acara Ramah Tamah Tim Penilai dan Evaluasi Penguatan Kelembagaan Melalui Evaluasi Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan, Drs. H. Tarmiji, M.H menjelaskan Kelurahan Kampung Satu Skip sampai pada tahapan klarifikasi lapangan lomba Desa dan Kelurahan mewakili Provinsi Kalimantan Utara berkat dukungan Pemerintah Kota, warga setempat dan stakholder terkait lainnya. Kita berharap Kelurahan Kampung Satu Skip bisa menjadi juara, setelah pada Tahun 2016 Kelurahan Juata laut berhasil menjadi Juara Ketiga Lomba Kelurahan Tingkat Nasional-Regional III dan pada Tahun 2019 Kelurahan Mamburungan Timur berhasil menjadi Juara Kedua lomba Kelurahan Tingkat Nasional.

#ASNBerAKHLAK #banggamelayanibangsa #TarakanSmartCity

Sumber : Kampus-Dinsos PM (KPM-Danyon UK)

By

Tinggalkan Balasan