Tarakan. Pekerja Sosial Ahli Pertama Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tarakan, Alghi Fari Smith, S.S.T, Menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dan Upaya Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio, Pada Selasa (16/07/2024) Di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Tarakan.

Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., Membuka Rakor Pelaksanaan PIN Polio dan Upaya Penanggulangan KLB Polio.

Pelaksanaan PIN Polio di Kota Tarakan direncanakan dalam dua tahap, yakni Tahap Pertama pada Tanggal 23-29 Juli 2024 dan Tahap Kedua pada Tanggal 6-12 Agustus 2024, dengan target capaian 95 persen.

Pj. Wali Kota mengajak seluruh unsur masyarakat untuk terlibat aktif dan memberikan dukungan penuh demi kesuksesan PIN Polio, memastikan program ini menjangkau setiap sudut kota Tarakan. “Mari bersama kita sukseskan PIN Polio di Kota Tarakan demi memberikan perlindungan maksimal bagi generasi muda,” pesan Pj. Wali Kota.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriati, selaku Narasumber mendorong semua peserta supaya dapat menyukseskan PIN Polio. “Sampaikan ke masyarakat bahwa vaksin Polio tidak menyebabkan anak menjadi demam, oleh karena itu Saya mengajak Bapak/Ibu untuk membantu melakukan penelusuran sasaran masyarakat by name by address (BNBA) yang memiliki anak 0-7 Tahun 11 bulan 29 Hari supaya mengikuti PIN Polio,” katanya.

Saat sesi diskusi, Fari yang mewakili Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM) Kota Tarakan menyampaikan, bahwa Dinsos PM setiap bulannya melalui Pertemuan Peningkatan Kapasitas Keluarga (P2K2) Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH), para pendamping memberikan sejumlah edukasi modul terkait beberapa tema termasuk diantaranya tentang kesehatan. “Para Pendamping PKH dapat bersinergi menyukseskan PIN Polio, sebab komponen penerima Bansos PKH ada balita dan anak sekolah. Selain itu, setiap bulannya para Pendamping PKH mengadakan P2K2 bersama para KPM sehingga momentum ini dapat dijadikan untuk mengajak anak -anaknya mengikuti PIN Polio,” ujarnya.

Di sesi akhir, Narasumber memberikan link media KIE tentang seputaran Polio yang dapat disebarluaskan ke masyarakat.

#DINSOSPM_HADIR – (H)umanis, (A)daptif, (D)edikatif, (I)nklusif, (R)esponsif … Melayani Masyarakat Dengan #SMART – (S)enyum, (M)udah, (A)kuntabel, (R)amah, (T)ransparan.

ASNberAKHLAK #banggamelayanibangsa #TarakanSmartCity #Facebook : Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat #Instagram : dinas_sosial_pm

Sumber : HumasTrk_DinsosPM (Danyon UK)

Tinggalkan Balasan