Tarakan. Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tarakan, Arbain, S.E., M.H, Beserta Pejabat Pengadaan, Hadania, S.Kom, Menghadiri Kegiatan Pelaksanaan Pengadaan Langsung Secara Elektronik (e-PL), Pada Rabu (08/05/2024) Di Ruang Pertemuan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tarakan.

Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., memberikan arahan pada acara Pelaksanaan Pengadaan Langsung Secara Elektronik. Acara tersebut, yang diinisiasi oleh Bagian Administrasi Pembangunan, Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kota Tarakan, bertujuan untuk mempercepat proses pengadaan barang dan jasa dengan beralih dari metode manual ke elektronik.

Menurut Dr. Bustan, pengadaan elektronik ini didasari oleh ketentuan yang tercantum dalam Pasal 69 ayat (1) Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, yang menekankan pentingnya menggunakan sistem informasi elektronik. Hal ini juga sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 yang mendorong percepatan penggunaan produk dalam negeri dan produk UMKM.

“Pergeseran ke pengadaan elektronik tidak hanya tentang efisiensi, tetapi juga tentang mendukung perekonomian lokal,” ujar Dr. Bustan. “Dengan menggunakan sistem elektronik, proses kontrak barang dan jasa dapat dilakukan dengan lebih efisien, serta memudahkan dalam memantau pelaksanaan dan tender.”

Lebih lanjut, Dr. Bustan menegaskan pentingnya melaksanakan proses pengadaan sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk menghindari pelanggaran di masa mendatang. Dia juga menekankan bahwa Kepala Perangkat Daerah dan Asisten memiliki tanggung jawab untuk menindaklanjuti paket-paket yang perlu dialihkan dari manual ke elektronik dalam waktu enam bulan.

“Kami juga sadar akan pentingnya akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan publik, oleh karena itu kami menyambut baik jika terdapat temuan dari BPK terkait dengan pengadaan barang dan jasa,” tambah Dr. Bustan.

Dengan demikian, langkah-langkah menuju pengadaan elektronik ini diharapkan tidak hanya memberikan efisiensi dalam proses, tetapi juga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan sumber daya publik di Kota Tarakan.

#DINSOSPM_HADIR – (H)umanis, (A)daptif, (D)edikatif, (I)nklusif, (R)esponsif … Melayani Masyarakat Dengan #SMART – (S)enyum, (M)udah, (A)kuntabel, (R)amah, (T)ransparan.

ASNberAKHLAK #banggamelayanibangsa #TarakanSmartCity #Facebook : Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat #Instagram : dinas_sosial_pm

Sumber : HumasTarakan_DinsosPM (Danyon UK)