Tarakan. Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tarakan, Arbain, S.E., M.A.P, Didampingi Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan, Madenur, Menghadiri Kegiatan Sosialisasi Peraturan Wali (Perwali) Kota Tarakan Nomor 19 Tahun 2024 tentang Pengendalian Kecurangan Di Lingkungan Pemerintah Daerah, Peraturan Wali (Perwali) Kota Tarakan Nomor 36 Tahun 2024 tentang Pedoman Manajemen Risiko Kecurangan dan Workshop Fraud Risk Assessment (FRA), Pada Selasa (20/05/2025) Di Ruang Imbaya Kantor Wali Kota Tarakan.

Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes, secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Wali Kota Tarakan Nomor 19 Tahun 2024, Peraturan Wali Kota Tarakan Nomor 36 Tahun 2024 dan Workshop Fraud Risk Assessment (FRA).

Dalam sambutannya, Wali Kota menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki nilai strategis dalam mewujudkan birokrasi yang profesional, bersih dan berintegritas. Kedua peraturan tersebut merupakan wujud komitmen Pemerintah Kota Tarakan dalam memperkuat sistem pengawasan internal dan mencegah terjadinya praktik kecurangan di Lingkungan Pemerintahan.

Di era keterbukaan dan tingginya tuntutan publik, kita dituntut tidak hanya bekerja efektif dan efisien, tetapi juga bebas dari praktik penyimpangan. Oleh karena itu, pemahaman tentang manajemen risiko kecurangan menjadi hal yang sangat penting,” tegasnya.

Wali Kota juga berharap melalui Workshop ini, para peserta khususnya dari unsur Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Perangkat Daerah dapat meningkatkan kemampuan dalam mendeteksi dan mengelola potensi risiko kecurangan secara sistematis dan berkelanjutan.

Wali Kota menegaskan bahwa pencegahan kecurangan bukan hanya tanggung jawab Inspektorat, melainkan tanggung jawab bersama seluruh Jajaran Pemerintahan. Komitmen kolektif tersebut diyakini menjadi kunci utama dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang transparan dan dipercaya masyarakat.

Kegiatan ini diharapkan menjadi momentum penguatan integritas dan profesionalisme bagi seluruh aparatur Pemerintah Kota Tarakan.

#DINSOSPM_HADIR – (H)umanis, (A)daptif, (D)edikatif, (I)nklusif, (R)esponsif … Melayani Masyarakat Dengan #SMART – (S)enyum, (M)udah, (A)kuntabel, (R)amah, (T)ransparan.

ASNberAKHLAK #banggamelayanibangsa #TarakanSmartCity #Facebook : Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat #Instagram : dinsospm

Sumber : HumasTrk_DinsosPM (Danyon UK)

Tinggalkan Balasan