Tarakan. Kepala Dinas Sosial Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tarakan, Arbain, S.E., M.A.P, Menghadiri Rapat Paripurna XXXIII DPRD Kota Tarakan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2024/2025, Dengan Acara Jawaban Pemerintah Atas Pandangan Umum Anggota Dewan Lewat Fraksi Terhadap Rancangan Peraturan Daerah Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2024, Pada Minggu (29/06/2025) Di Ruang Rapat Utama DPRD Kota Tarakan.

Wakil Wali Kota Tarakan, Ibnu Saud Is, menghadiri Rapat Paripurna XXXIII DPRD Kota Tarakan, Sekaligus Menyampaikan Jawaban Pemerintah Atas Pandangan Umum Anggota Dewan Lewat Fraksi Terhadap Rancangan Peraturan Daerah Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2024.

Wawali menyampaikan apresiasi kepada seluruh fraksi atas masukan konstruktif yang disampaikan. Pemerintah menilai Pandangan Fraksi-Fraksi telah mencerminkan fungsi kontrol Legislatif yang penting dalam mendorong tata kelola pemerintahan yang baik.

Secara garis besar, Pemerintah menanggapi tiga sektor utama, yaitu Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan. Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2024 mengalami pertumbuhan positif, mencapai Rp. 205,27 Miliar atau 103,07 % dari target. Meski demikian, Pemerintah mengakui perlunya peningkatan efektivitas penerimaan dari dana transfer pusat.

Pada sektor belanja, realisasi anggaran mencapai 93,36 %. Beberapa urusan belum optimal, antara lain bidang kesehatan, sosial, tenaga kerja, pemberdayaan masyarakat, kepemudaan, persandian dan unsur penunjang bidang keuangan. Pemerintah menjelaskan kendala yang dihadapi serta langkah perbaikan ke depan.

Sementara itu, SILPA 2024 tercatat sebesar Rp. 51,12 miliar. Pemerintah menegaskan bahwa angka tersebut bukan akibat perencanaan yang lemah, melainkan hasil efisiensi serta keterlambatan penyaluran dana pusat dan dinamika teknis lainnya.

Pemerintah berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi dalam perencanaan dan pelaksanaan APBD ke depan, serta menjadikan masukan DPRD sebagai dasar penyempurnaan. Penekanan akan diberikan pada perencanaan berbasis hasil, transparansi, efisiensi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

#DINSOSPM_HADIR – (H)umanis, (A)daptif, (D)edikatif, (I)nklusif, (R)esponsif … Melayani Masyarakat Dengan #SMART – (S)enyum, (M)udah, (A)kuntabel, (R)amah, (T)ransparan.

ASNberAKHLAK #banggamelayanibangsa #TarakanSmartCity #Facebook : Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat #Instagram : dinsospm

Sumber : HumasTrk_DinsosPM (Danyon UK)

Tinggalkan Balasan